Sabtu, 16 Maret 2013

Mereka bilang saya aneh ?


Nama   :   Diah Ayu Lestari
NPM   :   11110946
Kelas   :   3KA24


Nama Dosen   :   Sri Sulistiyoningsih
Mata Kuliah   :   Bahasa Indonesia 2






Ya, mereka bilang saya aneh..


Ibu saya bilang, saya anak yang aneh dengan sering mengunci pintu kamar dan jarang menemani tamu yang datang (biasanya saya hanya menjamu, menyapa sebentar, lalu kembali mengunci kamar. Itu untuk tamu yang saya tidak mengenalnya secara dekat.). Teman pria saya bilang, saya anti sosial dan terkesan angkuh, karena tidak menyapa (itu karena saya tidak suka menyapa sekerumunan pria, saya merasa tidak pantas sebagai wanita jika menyapa terlebih dahulu). Teman saya yang lain bilang, saya aneh karena sering kemana-mana sendiri, atau menarik diri dari keramaian untuk menyendiri.

Saya sedih juga mendengar pendapat seperti itu, padahal saya nyaman dengan pribadi seperti ini. dan setelah saya mencari tau dari banyak artikel tentang sifat saya ini, barulah saya tau kalau saya adalah manusia dengan tipe kepribadian introvert.


Berikut ciri-ciri manusia dengan kepribadian introvert :

  • Tertarik dengan pikiran dan perasaannya sendiri   (yap)
  • Memerlukan teritori atau dunia mereka sendiri   (yap)
  • Perfeksionis   (tidak juga, saya sering terlambat dan lelet.)
  • Tampil dengan muka pendiam dan tampak penuh pemikiran   (iya mungkin, soalnya banyak yang bilang saya "jutek".)
  • Biasanya tidak mempunyai banyak teman   (yap)
  • Sulit membuat hubungan baru   (yap)
  • Menyukai konsentrasi dan kesunyian   (yap)
  • Tidak suka denga kunjungan yang tidak diharapkan dan tidak suka mengunjungi orang lain   (iya, tetapi saya suka menjaga silaturahmi, pergi ke tempat saudara.)
  •  Bekerja dengan baik sendirian   (yap)
  • Biasanya pemalu   (yap)
  • Tidak suka atau tidak berani tampil di depan umum   (yap)




Introvert adalah pribadi yang sumber energinya, ada di dalam dirinya sendiri. Berbeda dengan orang ekstrovert yang sumber energinya ada pada lingkungannya. Perhatikan teman-teman Anda yang berkarakter socialita, kemana-mana selalu segerombolan, mereka riang pada umumnya, itulah manusia dengan pribadi ekstrovert. Memperhatikan sekeliling, menganalisa kejadian atau pribadi orang lain, lebih saya sukai daripada mengobrol beramai-ramai.

Bukan berarti introvert tidak bersosialisasi, saya pergi sesekali untuk jalan bersama teman-teman. Namun setelah itu, saya butuh waktu sendiri untuk mengembalikan tenaga saya, karena menurut saya, keramaian itu membuat lelah. Saya sering menarik diri dari keramaian, dan memilih menyendiri untuk membaca ataupun mendengarkan musik. Itu lebih menyenangkan untuk saya.

Saya hanya punya segelintir teman, iya memang begitu, saya hanya memiliki teman dekat tidak lebih dari 3 orang disetiap jenjang sekolah. Menurut saya, buat apa punya banyak teman tetapi tidak berkualitas, lebih baik sedikit tetapi kami sangat dekat. Dan orang-orang introvert jika sudah merasa nyaman dengan seseorang, kami bisa sangat cerewet dan terbuka.

Setiap manusia pasti punya kekurangan dan kelebihan. Begitu juga pribadi introvert dan ekstrovert, masing-masing punya kelebihan dengan caranya sendiri. Jangan hanya menilai kami para introvert itu aneh atau memaksa kami keluar dari zona nyaman. Terimalah kami apa adanya selama itu tidak merugikan orang lain, biarlah kami asik dengan dunia kami, toh kami juga tidak melupakan kalian, hanya butuh waktu menyendiri.

Salam Persahabatan..




Terimakasih atas kesediaannya untuk membaca cerita saya.
Semoga Bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar