Sabtu, 29 Januari 2011

17 Makanan yang Bikin Ngantuk




Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. 

Tidur adalah keadaan istirahat alami pada manusia dan banyak spesies lainnya. Tidur penting untuk kesehatan. Tanda-tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung untuk tidak bergerak dan daya tanggappun berkurang.

Naah, dalam entri saya kali ini tentang Makanan-Makanan yang Bikin Ngantuk.
Bisa para pembaca hindari & bisa juga dilakukan, tergantung saat-saat apa kita ingin mendapatkan kenyamanan tidur.

Langsung ajaa yuuk kita baca artikel saya kali ini, yang saya kutip dari berbagai sumber.

  • Red Wine



Segelas anggur ketika makan malam, mungkin terasa menyenangkan bagi sebagian orang. Tapi ternyata, alkohol bisa menyerap energi dari tubuh loh, karena anggur mengandung melatonin yang tinggi, yaitu hormon yang memproduksi rasa kantuk. Tapi jangan pernah gunakan alkohol sebagai obat tidur, cobalah susu atau teh chamomile untuk menggantinya.

  • Susu




Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu tidur Anda. Susu mengandung tryptophan, yaitu asam amino yang mempunyai efek sedatif (semacam zat penenang) dan kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryptophan.

  • Teh Chamomile




Chamomile adalah tumbuhan semusim dari keluarga bunga matahari.
Chamomile memang dikenal sebagai obat tidur (penenang) alami.
Oleh karena itu, Teh Chamomile mempunyai efek penenang yang dapat menurunkan stress fisik maupun mental, membuat teh ini minuman yang cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur.

  • Kangkung




Tanpa disangka, ternyata di dalam kangkung terdapat senyawa kimia sedatif atau zat yang bersifat menenangkan. Senyawa ini akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga membuatnya menjadi mudah mengantuk.
Kangkung sebaiknya dikonsumsi pada saat makan malam.

  • Sarapan yang Manis-Manis



Gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran energi. Hindari makanan manis seperti pancake saus karamel, donat dan kue-kue manis lainnya pada saat sarapan, karena bisa menurunkan produksi zat kimia dalam yang berfungsi membuatnya otak tetap 'menyala'.

  • Minuman Berenergi




Minuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk.
Hmmm ternyata minuman yang dikatakan 'penyemangat' malah bikin ga semangat ya..
Hindarilah mengkonsumsi minuman-minuman jenis ini pada saat jam kerja kita.

  • Makanan Berlemak



Teorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang.
Hindarilah mengkonsumsi makanan berlemak pada saat sarapan & makan siang.

  • Makanan Rendah Zat Besi




Zat besi adalah zat pembangun energi dan kalori. Anda akan merasa lelah jika kekurangan zat tersebut. Konsumsi paha ayam lebih baik dalam meningkatkan zat besi ketimbang bagian dadanya. Daging merah juga tinggi zat besi tapi lebih banyak kolesterol. Labu juga diketahui mengandung zat besi tinggi yang bisa dimakan sebagai camilan di sore hari.

  • Kentang



Sedikit kentang rebus atau kentang panggang di malam hari tidak akan menaikkan berat badan Anda. Kentang membersihkan asam yang dapat mengganggu kinerja tryptophan yaitu asam amino yang mempunyai efek sedatif (semacam zat penenang) di dalam tubuh.
Asik juga buat cemilan di malam hari bersama keluarga saat santai menonton televisi..
  • Pisang



Pisang seperti obat tidur alami. Selain mengandung melatonin dan serotonin dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung magnesium, bahan yang dapat merangsang relaksasi otot.
Cocok sebagai buah pencuci mulut setelah makan malam.

  • Madu



Tambahkan madu sedikit di dalam susu atau teh Anda. Gula dapat meningkatkan energi, tetapi dalam jumlah yang sedikit, gula dapat memberitahu otak Anda untuk menurunkan kinerja orexin. Yaitu sistem saraf atau neurotransmiter yang berhubungan dengan kesadaran Anda.
Minum teh susu + madu sebelum tidur,, hmmmm rileks sekali pastinya yaa..

  • Oatmeal



Oatmeal sebelum tidur adalah jalan tercepat menuju tidur, karena oatmeal merangsang produksi melatonin di dalam tubuh pada malam hari.
Bisa juga sebagai pengganti nasi pada saat makan malam bagi mereka yang sedang berdiet.

  • Kacang Almond




Almond adalah kacang yang baik bagi kesehatan jantung. Tetapi almond juga dapat membantu tidur Anda karena mengandung tryptophan dan magnesium.
Nonton bola bersama keluarga di malam hari dengan kacang kulit atau kacang atom, kini bisa juga dengan kacang almond.

  • Daging Kalkun



Daging kalkun adalah sumber yang sangat baik untuk tryptophan. Tryptophan bekerja ketika perut Anda kosong dan tidak ketika Anda sangat kenyang. Tetapi 1 sampai 2 potong dari daging kalkun bersama dengan roti gandum pada waktu sore hari akan dapat membantu membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari.

  • Roti Gandum



Sepotong roti gandum dan teh akan merangsang insulin di dalam tubuh Anda, yang berguna untuk membantu kinerja tryptophan untuk bereaksi di otak. Dimana tryptophan akan diubah menjadi serotonin yang memberi tahu otak Anda untuk tidur.
Roti dengan selai kacang almond sebelum tidur,, hmmm anak-anak pasti suka..

  • Flaxseed


Mungkin masih banyak yang belum mengenal jenis bijian yang satu ini. Flaxseed , merupakan salah satu jenis makanan sehat yang berupa biji-bijian. Sepintas, flaxseed mirip sekali dengan biji bunga matahari dengan warna merah kecokelatan hanya saja ukurannya lebih kecil.
Di Indonesia dikenal dengan nama biji rami. 
Flaxseed kaya akan asam omega-3 yang dapat membantu memperbaiki mood Anda. Konsumsi flaxseed ketika Anda sedang mengalami stress atau depresi berat. Tidur Anda akan lebih nyenyak.


  • Ceri



Ceri sangat baik untuk mengatasi kegelisahan dan stres, dimana kedua faktor tersebut bisa memicu terjadinya insomnia. Kandungan melatonin yang tinggi dalam kulit ceri adalah senjata pamungkas agar kita merasa mengantuk. Dan kandungan melatonin paling tinggi di temukan pada buah ceri.

Ketika insomnia datang, atasi dengan mengonsumsi segenggam buah ceri sebelum tidur. Untuk hasil yang lebih maksimal, setelah menyantap ceri lemaskan otot-otot tubuh kita dengan mandi menggunakan air panas. Kemudian, nyalakan aromaterapi lavender untuk membuat tidur kita makin nyenyak.

Hmmmm nyaman & nyenyak pastinyaa..



Sampai Jumpa Lagi dalam Entri Selanjutnya..






Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar