Minggu, 07 November 2010

Makna Secangkir Kopi




Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi.

Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab, qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.

Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.

Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.




Pada artikel kali ini, saya sangat tertarik untuk menulis tentang salah satu minuman favorit saya, yaitu kopi.
Pernahkah Anda para pembaca mendengar kalimat, "Secangkir Kopi Mencerminkan Karakter Penikmatnya"
Mungkin terdengar seperti ramalan saja, namun, ada faktanya loh..

Analisis dari pakar dan pimpinan Smell and Taste Treatment and Research Foundation, Alan Hirsch mengungkapkan bahwa, "Jenis minuman kopi yang kita minum bisa mencerminkan kepribadian sekaligus menggambarkan pernyataan sosial yang bersangkutan."

Nah loh.. ternyata ini bukan sekadar ramalan.
Menarik banget yaa ?
          kalo menarik, Monggo dibaca..




Allan membagi enam tipe kepribadian berdasarkan pilihan jenis kopi.

  •  Cappucino



Cappuccino ini mencerminkan pribadi yang menyukai segala sesuatu yang bernilai estetika dan juga kepribadian yang ceria. 
Hmmm.. pastinya menyenangkan punya teman seperti cappuccino ini..
Apakah Anda si cappuccinoceria?        
  •  Kopi Hitam
                                           


Kopi hitam menggambarkan pribadi yang ambisius, fokus, pekerja keras, dan senantiasa “diburu-buru” target yang ia tetapkan sendiri. Bicara asmara, peminum kopi hitam adalah tipe pragmatis sehingga butuh usaha ekstra keras untuk memunculkan sisi romantis mereka.

Hohohoho kalau ini karakter saya.. Saya memang suka black classic coffee

  •  Espresso

                                           

Sebelumnya saya ingin share perbedaan antara espresso dengan black coffee..
Karena dulu saya mengira bahwa espresso itu adalah black coffee.. Hehehehee

Bagi para pembaca yang belum tahu,

Di Indonesia, espresso dikenal juga sebagai kopi tubruk atau kopi yang tidak disaring. Meski ada sedikit perbedaan meski cara ekstrasinya sama. Perbedaannya adalah kopi tubruk biasanya memiliki ampas.

Espresso memiliki dua lapisan yang disebut liquid (cairan) dan elemen buih yang berwarna kecoklatan dan tebal (crema). Espresso dibuat dari mesin yang telah dirancang secara khusus yang akan mendorong air dari kopi yang telah dipadatkan didalam tempat khusus (portafilter) dan memilki temperatur air tertentu dan dalam tekanan tertentu. Secangkir espresso dapat dilihat dan dinil ai secara kasat mata dari elemen penampakan (crema), aroma, kekuatan rasa (body), rasa, dan paska rasa (after -taste). 

Bagi pencinta kopi sejati, mereka sangat menggemari espresso karena memiliki citarasa kopi yang sebenarnya. Aroma kopi pada secangkir espresso sangat kuat dan harum. Espresso juga kaya akan rasa kopi. Karena pekat, espresso cenderung lebih kental dan lembut. Rasa dari espresso yaitu manis bercampur pahit. Ada juga yang mengatakan manis seperti karamel.


Espresso menunjukkan tipe individu yang suka memimpin atau sosok yang selalu perlu kekuatan untuk memompa rasa percaya dirinya. Mereka adalah pekerja keras yang tak lantas menyerah hanya karena pernah gagal. Dalam urusan percintaan, mereka adalah orang yang berpengalaman, selalu menarik di mata lawan jenis, tapi kesetiaannya agak diragukan.
Waah apakah Anda si Espresso?
Hayoo.. setia doong




  • Skim Latte

                                  

Sebelumnya lagi, saya juga ingin share tentang Skim Latte ini..
Dulu saya mengira Latte & Cappuccino sama-sama kopi pakai susu.. 
Hehehehee

Tapi ternyata,
Persamaan di antara keduanya adalah kopi cappuccino dan latte menggunakan espresso sebagai bahan dasar mereka, keduanya juga menggunakan susu sebagai bahan campurannya. Proses pembuatannya yaitu dengan menggabungkan kopi espresso, susu dan susu crema (buih) diatasnya. Sedangkan perbedaan dari latte dan cappuccino ini adalah mereka menggunakan jumlah kadar espresso dan susu yang berbeda. Latte memiliki kadar susu yang lebih banyak dari pada cappuccino (maka dari itu rasa kopinya tidak terlalu keras) sedangkan cappuccino memiliki jumlah isi susu yang lebih sedikit sehingga rasa kopi espressonya lebih terasa. Crema susu (buih) dari kopi cappuccino juga lebih sedikit dibandingkan dengan latte. Namun, pengaturan bahan kedua kopi tersebut juga bisa berbeda pada tiap negara.

Skim latte mewakili pribadi pengayom dan cinta damai.
Wuih wuih.. berarti orang ini cocok jadi sekjen PBB. Biar dunia damai..
Hahahahaaa

  • Frappuccino

                                    

Frappuccino memperlihatkan karakter petualang dan menikmati hidup. Mereka dipenuhi ambisi sehingga selalu berenergi dan optimis, malah tak segan untuk mempertaruhkan segalanya. Sayangnya mereka mudah sekali merasa bersalah karena terlalu membebani diri sendiri. Pasangan yang cocok bagi pecinta frappuccino adalah mereka yang lebih tangguh sehingga bisa mengingatkan dia kapan harus mengerem ambisinya.
Hayoo hayoo
Semoga jika Anda si Frappuccino, Anda bisa menemukan si 'dia' yaaaa..
  • Iced Coffee

                                           

Iced Coffee mencerminkan sosok yang santai, spontan, dan humoris. Biasanya yang bersangkutan memiliki pergaulan luas.
Hmmm.. si Iced Coffee ini pasti juga sangat asik dijadikan teman.
Andakah si humoris?



Sampai Jumpa Lagi dalam Entri Selanjutnya..





Sumber   :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar