Kamis, 27 September 2012

Bahasa Indonesia 1 - Artikel Bahasa


Nama   :   Diah Ayu Lestari
NPM   :   11110946
Kelas   :   3 KA 24


Nama Dosen   :   Idi Darma
Mata Kuliah   :   Bahasa Indonesia 1









Bahasa Sebagai Sarana Bekerja


Dari tema artikel yang diberikan, saya beranggapan bahwa yang dimaksud disini adalah kegunaan keterampilan berbahasa, dalam dunia kerja. Dunia kerja identik dengan orang berintelektual, dan berkompeten di bidangnya masing-masing. Komunikasi yang digunakan juga tergolong komunikasi yang bersifat ilmiah. Karena komunikasi yang digunakan dalam dunia kerja, digunakan untuk penyampaian informasi berupa pengetahuan.

Berfikir merupakan kegiatan untuk memperoleh pengetahuan yang benar. Berfikir ilmiah adalah kegiatan yang menggabungkan induksi dan deduksi. Induksi adalah cara berpikir yang di dalamnya berisi kesimpulan yang bersifat umum, yang ditarik dari pernyataan-pernyataan atau kasus-kasus yang bersifat khusus; sedangkan deduksi ialah cara berpikir yang di dalamnya berisi kesimpulan yang bersifat khusus, yang ditarik dari pernyataan-pernyataan yang bersifat umum.

Sarana berfikir diperlukan untuk melakukan kegiatan ilmiah secara baik. Tersedianya saran tersebut memungkinkan dilakukannya penelaahan ilmiah secara teratur dan cermat. Sarana berfikir ilmiah itu terdiri dari tiga komponen, yaitu (1) Bahasa  (2) Matematika  (3) Statistika. Namun, yang akan kita bahas lebih lanjut adalah Bahasa.

Keterampilan berbahasa dalam dunia kerja sangatlah penting. Karena di dunia kerja, setiap karyawan akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan karyawan lainnya, dan juga akan menghadapi klien-klien dalam presentasi perusahaan. Jika tidak memiliki keterampilan berbahasa yang baik dan benar, akan sangat merugikan banyak pihak termasuk diri sendiri.

Jika untuk berkomunikasi dengan sesama karyawan, contohnya dalam hal berdiskusi seputar pekerjaan, dapat menggunakan bahasa keseharian yang lebih santai namun tetap sopan dan santun. Walaupun maksud dari bahasa ilmiah tetap harus tersampaikan, yaitu penyampaian informasi berupa pengetahuan.

Untuk presentasi perusahaan digunakan bahasa ilmiah yang berfungsi simbolik. Yaitu untuk penampilan dari presentasi itu sendiri, agar terlihat menarik. Namun, pesan yang ingin disampaikan tetap tersampaikan kepada klien-klien, sesuai materi yang diinginkan. Seorang presentator juga harus menguasai tata bahasa yang baik, serta menggunakan bahasa yang jelas dan objektif.

Bahasa sebagai alat komunikasi verbal yang digunakan dalam proses berfikir ilmiah, dimana bahasa merupakan alat berfikir dan alat komunikasi untuk menyampaikan gagasan/ide kepada orang lain. Tanpa bahasa, manusia tidak dapat melakukan kegiatan berfikir secara sistematis dan teratur. Kegiatan berfikir ilmiah sangat berkaitan erat dengan bahasa. Menggunakan bahasa yang baik dalam berfikir, belum tentu akan menghasilkan suatu keputusan yang benar, bagaimana dengan bahasa yang tidak baik dan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar