Sumber :
http://kaka-isenkdoank.blogspot.com/
http://athanasiustrilasto.blogspot.com/
http://mufiks.blogspot.com/
Nama : Diah Ayu Lestari
NPM : 11110946
Nama Dosen : Rifki Amalia
Mata Kuliah : Pengantar Telematika
Kolaborasi
antarmuka otomotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk
menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah
perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi
kendaraan atau computer dan radio dalam mobil. Setiap alat elektronik itu harus
dapat bekerja dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal. Setiap
perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan.
Perangkat elektronik atau multimedia bisa saja mengganggu system keselamatan
dan sistem-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk
standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Kendaraan segera
akan mengalamin peningkatan perlengkapan dengan ditambahkannya sistem digital
yang mendukung beberapa aplikasi seperti untuk mengakses informasi, komunikasi,
kemanan dan internet. Ketertarikan terhadap aplikasi multimedia pada kendaraan
meningkat, misalnya pada periode 2003-2005. Seperti: pengenalan aplikasi
real-time, kamera kecepatan tinggi, seiring dengan semakin meningkatnya
komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan pariwisata dan travel. Oleh
sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang diletakkan pada kendaraan akan
meningkat.
Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif - Multimedia
Antarmuka Otomotif Multimedia
Telematika yang dimaksud disini adalah Automotive Multimedia Interface
Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C, adalah suatu
bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum multimedia dan telematika
otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi.
The Automotive Multimedia
Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk
mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem
elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer
perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini – yang pendiri
Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok
semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis
baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika
datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan
desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan
teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia.
Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki
kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
Adapun tujuan dari
adanya AMI-C ini adalah :
- Untuk menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa digunakan pada telepon selular.
- Untuk meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Untuk memotong biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah kendaraan yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Untuk menawarkan standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dengan dunia luar.
Pada dasarnya kolaboasi
antarmuka otomotif multimedia itu sendiri adalah sebuah organisasi yang mana
organisasi ini dibentuk guna menciptakan standarisasi dunia yang digunakan
dalam mengatur bagaimana sebuah perangkatelektronik dapat bekerja sebagaimana
yang diharapkan. Dimana setiap alat elektronik ini harus dapat bekerja dengan
selaras sehingg kendaraan dapat lebih handal ketika digunakan. Sebelum memasang
perangkat ini, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mencocokkan dengan jenis
atau tipe kendaraan yang digunakan, karena pada dasarnya belum tentu perangkat
yang akan dipasang akan selalu cocok dengan kendaraan yang digunakan, karena
itulah perlu dibuat standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan
menggandeng teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework
untuk platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem
entertainment. Dalam kombinasinya, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan
satu platform software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi
atomotif berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan
menyediakan pilihan software aplikasi yang luas.
Sudah terdapat beberapa anggota yang aktif dalam organisasi Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C), diantaranya adalah : Fiat, Ford, General Motors, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Cotroen, dan Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu. Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.
Struktural Kolaborasi Antarmuka Otomotif - Multimedia
Automotive Multimedia
Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update
internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi
tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt,
Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
AMIC telah membuat suatu
kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan
struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang
diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,”
Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk
bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk
memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC
terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada
bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak
perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW.
Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah
kantor di San Francisco di masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar